Saturday, January 13, 2018

Resep Ayam Ungkep #ayamgoreng #Dapurbunda

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kita jumpa lagi kali ini bunda mau berbagi resep ayam Ungkep ala BundaEvotama, yang seperti ibu" tahu kalo ayam ungkep itu bumbu dasarnya kuning yang berasal dari kunyit, rasanya lezat sekali, btw ada beberapa sih yang menggunakan bumbu dasar putih tapi seperti ayamnya bakalan pucet pasih ya.
Ayam Ungkep ini biasanya bunda goreng klo pas waktu makan saja enak banget dimakan panas" dengan nasi dan sambal serta lalapan, dan ayam lebihnya ditaruh dikulkas, ayam ungkep bisa bertahan kurleb 3 hari ya taruh di freezer aja inshallah awet.
Ok lah klo begitu kita langsung aja ya ke resepnya :

RESEP AYAM UNGKEP


Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 ekor ayam dipotong sesuai selera ya 


Bumbu yang dihaluskan:

  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 ruas kunyit yang dihaluskan
  • 3 butir kemiri
  • 1 ruas jari lengkuas muda


Bumbu lainnya :

  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja
  • 2 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • 2 sdm garam
  • 1 sdt gula
  • 1/2 sdt penyedap rasa
  • 500 ml-1 liter air untuk merebus
Cara membuat :

  1. Cuci ayam hingga bersih dan tiriskan. 
  2. blender semua bumbu yang dihaluskan.
  3. Siapkan wajan, masukkan bumbu, masak hingga matang, setelah itu masukan ayam aduk hingga bumbu tercampur rata dengan ayam. Diamkan selama 15 menit hingga bumbu meresap.
  4. Masak ayam dengan api kecil sambil diaduk-aduk, hingga ayam berubah warna dan mengeluarkan air.
  5. Masak hingga air ayam habis, tambahkan 500 ml air, rebus ayam dengan api sedang sambil diaduk hingga air habis dan ayam empuk. Jika ayam belum empuk, tambahkan kembali air danm asak hingga ayam lunak.
  6. Angkat dan ayam siap diolah sesuai kebutuhan. Ayam ungkep kuning bisa digoreng dalam minyak banyak hingga kering.
  7. ayam ungkep bumbu kuning siap disajikan
Nah, itulah Resep Ayam Ungkep Bumbu Kuning nan lezat, yang bisa ibu-ibu coba dirumah. bagaimana ibu"ibu tertarik untuk membuatnya? Selamat mencoba! 
Dan nantikan resep yang lainnya dari bunda Evotama plus jangan lupa mampir ke Channel Youtube EVOTAMA ID .. Subscribe ya it's free don't forget to leave ur comment down below

Tq 
SAYONARA
Wassalamualaikum Wr. Wb.


Wednesday, January 10, 2018

Resep Sop Ayam Praktis #Dapurbunda

Assalamualaikum,

Hai hai ...
Pasti bu ibu sudah tau dong sop ayam .. salah satu masakan berkuah kaya nutrisi serta protein, apalagi dimakannya saat hujan-hujan pasti rasanya tambah seger kan, nah kali ini bunda mau berbagi resep sop ayam praktis dengan bumbu semua serba praktis, tanpa ngulek  atau ngeblender, yuk langsung aja ya, berikut ini resepnya.

Sop Ayam Praktis


Bahan-bahan :
Bahan-bahan serba praktis
  • 1/4 ayam dipotong kecil-kecil atau sesuai selera
  • 2 buah wortel (dipotong-potong)
  • Kol/kubis secukupnya (dipotong-potong)
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang daun seledri
  • 1 buah tomat
  • Air secukupnya


Bumbu-bumbu:
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt kaldu bubuk 
  • 1/4 sdt penyedap rasa
  • Sejumput garam
  • Gula secukupnya


Pelengkap :
  • Bawang merah goreng (secukupnya)


Cara membuat :
  1. Rebus hingga ayam empuk di atas api sedang, bunda campur dengan daun seledri sedikit
  2. Setelah ayam matang masukkan wortel, tambahkan garam, gula, penyedap rasa, kaldu ayam dan merica bubuk, masak di atas api kecil hingga empuk.
  3. Tambahkan kol, daun bawang dan daun seledri, masak sebentar setelah layu lalu matikan api
  4. Tambahkan tomat serta taburi bawang merah goreng. Santap selagi panas.
Gimana mudah bukan membuatnya, Sayur sop ayam praktis merupakan alternatif menu hangat untuk makan malam atau saat sarapan apalagi disaat cuaca hujan menambah nafsu makan. sop ayam praktis cepat dibuat untuk emak" yang tidak memiliki waktu banyak dalam menyiapkan masakan. 
Ok deh sekian dulu resep bunda kali ini, ditunggu resep bunda yang lain ya, jangan lupa kunjungin channel youtube bunda "EVOTAMA ID" n feel free to SUBSCRIBE and leave ur comment .. Its Free loh ... Tq 

Walaikumsalam Wr. Wb.






MAPSI SD 2017

Assalamualaikum

Kayaknya ko dah lama banget engga nulis di blog ya, jadinya kagok gitu mau mulai darimana, aniwei pa kabar semua, pasti kabar"nya baik" aja kan, ok lah kalau begitu lets start the story.

Dalam postingan kali ini bun mau membahas tentang lomba MAPSI SD yang abang Tama ikuti pada bulan Oktober kemarin, Ya benar abang tama ikut lomba TIK Islami pada mapsi itu dengan ketentuan yang sama seperti tahun sebelumnya, setiap peserta lomba diharuskan mengetik AL Fatihah menggunakan bahasa arab, mentrasliterasikannya serta menterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. serta membuat presentasi PPT dan menpresentasikannya didepan. Alhamdulilah pada tingkat Kecamatan abang Tama meraih juara pertama dan mewakili kecamatan Kesesi ke tingkat Kabupaten. 

Abang Tama hanya diberi waktu kurang dari 1 minggu untuk belajar dirumah dalam untuk mengikuti lomba tingkat Kabupaten, semua dikejar dengan latihan terus tiap harinya sampai gladi bersih di UPT semua panitia Kecamatan yang ada di UPT menyemangati abang Tama semoga abang tama menjadi juara di tingkat Kabupaten tapi apa daya ternyata abang hanya mendapat peringkat ke 9 sedih tapi bunda bangga ko abang dah bisa sejauh itu.

Kekalahan adalah kemenangan yang tertunda nextnya bunda dan ayah menyiapkan Evo for the next Lomba MAPSI, 2 tahun inshallah Evo akan bunda persiapkan.
Ok deh gini dulu postingan bunda, ditunggu ya postingan yang lainnya.. inshallah right the way ... don't forget ya mampir ke channel bunda EVOTAMA ID.

Tq for visiting n don't forget to leave u comment its Free ... 

Walaikumsalam Wr. Wb.




Saturday, September 30, 2017

Nyobain Indomie Kemasan Jadoel #latepost

Assalamualaikum Gaes 

Pa kabar .. doh baru ngeblog lagi nih .. maklum lagi sibuk-sibuknya sama usaha yang lagi dijalani..., 
Aniwei dalam postingan kali ini latepost banget sih tapi engga papa kan ya namanya juga lagi mood ngeblognya keluar cus langsung disalurkan hehehehe .. 

Postingan kali ini review tentang indomie kemasan jadoel loh
Untuk kemasannya juga beda, kemasannya jadoel banget, bunda beli di alfamart seharga Rp. 16.500,- klo engga salah, trus dapat satu tas tengteng (totebag) hmm tenteng bahasanya hehehhe ...
Isinya terdiri dari 5 buah kemasan indomie
- 2 buah kemasan indomie kaldu ayam yang paling jadoel keluaran taon 1972,
- 1 buah kemasan indomie kari ayam keluaran taon 1980 
- n si paling bontot 2 buah kemasan indomie goreng keluaran taon 1982 
  wuiihhh bunda baru lahir ditahun segitu :) ....

Klo dipikir" n dirasa" rasanya tuh beda ya sama indomie yang sekarang .. hmm apa cuma perasaan bunda saja, btw ayahnya anak" juga ikutan nyobain.

Ini dia review dari mereka gaes...
Untuk yang Mie Goreng, isinya ada Mie Instant, Bumbu, Chili powder, minyak sayur yang lumayan agak banyak, dan kecap. Tanpa bawang goreng atau sambal cair. Rasanya pun agak sedikit beda, klo kata evo kurang pedes malah cenderung manis.
Si ayah nyobain Kaldu Ayam isinya Mie Instant, Bumbu, Chili powder rasanya hampir sama dengan indomie ayam bawang katanya yang peling enak rasa ini katanya soalnye hampir semua diicip sama si ayah :D 
Giliran si Abang yang nyobain Kari Ayam isinya sama juga Mie Instant, Bumbu, Chili powder rasanya rada asin mungkin karena banyak bumbu or kurang aduk or kurang air hehehe .. maklum yang makan anak-anak jadi reviewnya menurut yang mereka makan dan mereka rasakan.  


So far sih vintage banget ya kemasannya, simpel mungkin jaman dulu blm kayak sekarang dimana kemasan untuk produk apapun always full colour n atraktif agar banyak yang beli hehehehe tapi untuk indomie mo kemasan seperti apapun banyak aja yang ngantri pengen beli ya engga...??? buat kamu" yang mau coba bisa didapatkan di alfamart, indomaret or mini market terdekat ya or online juga bisa loh. 
Ok gaes segini aja deh reviewnya ntar klo banyak" yang ada pada kepengen lagi hehehehe. So feel free to comment n jangan lupa mampir ke channel youtube EVOTAMAid ... 

Walaikumsalam 
SAYONARA Gaess