Friday, January 15, 2016

Ketika Kangen Mainan Jaman Kecil Dulu

Niat hati pagi" berangkat ke sekolah si dd mo sekalian nyuapin sarapan dia karena dirumah tidak sempat ... Eh sesampainya disekolah liat ada abang" yang jual mainan langganan anak", si abang menjual berbagai macam mainann kebetulan juga lagi butuh bahan nih wat ikut GA yo weisss ta tiliki ndisit sekalian nostalgia ...
Jadi ingat masa kecil dulu sukanya beli mainan gerobakan bedanya sekarang si abang penjualnya pake motor dan sepertinya mainan yang dijajahkan sama, atau emang ada juga mainan masa kini yang lagi tren.
Penjual mainan sekarang pakai motor loh ... sebagian mainan yang dijual ada lego, gambaran, permainan ular tangga dll.

Ternyata banyak juga mainan jaman dulu yang masih ada dan dijual sama si abang penjual mainan ini seperti balon tiup, boneka bongkar pasang (Bepe), permainan ular tangga sama catur, n ternyata si abang jual juga yang namanya buku cerita horor kalau jaman dulu kan buku" cerita horornya karya om Tatang S. tuh n bintangnya si petruk deh bareng sama cewe" cantik plus dedemitnya ... asiknya lagi dulu bunda kalo baca buku itu pas ngisi" bulan puasa malah dulu ada tetangga sebelah rumah yang nyewain tuh buku cerita ...... lanjut ah nostalgia terus jadinya .... disamping itu juga ada mainan kipas"an lipet, lego-legoan, gambaran (sekarang gambarannya dah dipotong" loh jadi engga usah repot" bunda untuk motong lagi ataupun membahayakan anak megang" gunting motong" sendiri ...)
Komik Horor nan rada sexcy karya Om Tatang S.   Source by Google
Ade lagi milih Bepe, dibawahnya ada buku" cerita horor dan berbagai macam mainan yang dijajahkan
Tapi satu yang bener" bunda ingat ... Tazoz, tiap kali tanya sama tukang mainan mereka engga jual tazoz n bilang itu kan dapat dari chiki mba *wah si abang anak taon 90an juga nih toss dulu deh hehehehe .... Pernah suatu waktu anak lanang liat pas bunda sama ayahnya buka" suatu web permainan anak di era 90an ... eh dia liat ada tazoz, terus nanya itu apa Ndah beli dimana?, Bunda bilang dapat dari chiki bang dulu pas zaman ayah sama bunda msih kecil *masih ingusan hmmm ....

Yang bunda paling suka kalo lagi main tazoz itu ya tazoznya bunda dan teman" di lontarin (jauh-jauhan gitu), kadang" kita buat beraneka macam bentuk dengan ngegabungin banyak tazoz jadinya keren loh, n klo main rada nakal dikit kita jadiin tuh tazoz jadi bahan taruhan bukan pake uang ya maksudnya tanding gitu, gini cara mainnya salah satunya dari kita yang punya tazos sama lawannya sama-sama ngelempar Tazoz ke atas, nah yang jatuh pada posisi tertutup dia harus ngasih satu Tazoz buat pemenang, maksudnya jatuh tazoznya yang ada gambarnya diatas n bacaan tazoznya dibawah ... tapi sayangnya dah engga keluar lagi sekarang :( 
Tazoz yang bikin kangen masa kecil dulu .. Source By Google
Selain mainan diatas yang konotasinya bisa dimainkan dimana saja baik di luar rumah maupun didalam rumah, ada banyak sekali permainan diluar rumah yang membuat anak menjadi sehat, terpacu kreatifitas serta bekerjanya sistem tubuh mereka *Bahasanya si bunda berat bener ..... Iya mainan jaman dulu yang suka bunda mainkan diluar rumah ada galah asin atau Gobak sodor nama lainnya, gunung petak/engklek/dampu, petak umpet, batu tujuh, orang kaya orang miskin, pletokan bambu sama koran yang jadi pelurunya, main karet, Ular naga, Tap benteng sama tap jongkok, gubuk reot dan masih banyak lagi *lupa maklum faktor U .... 
Oh alangkah indahnya masa kecil bunda... kayaknya sekarang yang keliatan dimainkan hanya sedikit paling cuma galasin aza entah didaerah lain mungkin mainan tersebut masih dimainkan oleh anak" jaman sekarang.
Permainan jaman dulu .. Source By Google
*menarik nafas panjang  .... Semua mainan jaman kecil dulu banyak kenangannya banget, mengingatkan akan masa kecil yang terbilang anak jaman dulu itu kayanya lebih bahagia ya dibanding anak jaman sekarang yang terlalu ngegajjet abbisss, dan kurangnya ruang terbuka untuk bermain mereka, serta faktor informasi yang kadang suka disalah artikan :(
Ingin hati balik lagi dimasa itu bareng anak" bunda *Doraemon mana doraemon ... tapi ya sudahlah sekarang jaman toh dah berubah disini kita dituntut untuk lebih aware terhadap permainan apa yang dimainkan anak kita ... diwanti" berbahaya atau tidak dan pastinya selalu diberi pengertian akan penting atau tidak pentingnya mainan tersebut.



"Tulisan ini diikutkan dalam Giveaway Permainan Masa Kecil yang diselenggarakan oleh Mama Calvin dan Bunda Salfa




29 comments:

  1. Hi..hi, aku dulu sering juga lompat tali..trus malem nya mpe ngompol... ( kt ibuku krn bnyak loncat2)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kebanyakan loncat jadinya ngompol ya mba :)

      Delete
  2. Aku jadi kangen permainan zaman dulu deh. Sekaran udah gak ada yang main gituan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mbae kangen juga, kita main apa rame" .... hampir engga ada yang main kata gitu mbae

      Delete
  3. itu suka dijual kartu-kartu di tukang jualan depan sekolah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba tapi hanya sebagian mainan jaman dulu yang dijual :(

      Delete
  4. tazoz aku demen banget :( kangen masa kecil sih, hehe. sama aku dulu seneng puzzle sih, dan niup2 balon pake sedotan kecil gitu. hehe nice post! salam kenal! ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah penggemar tazoz juga, toss dulu kita, salam kenal juga mba maaci ya dah mampir

      Delete
  5. Kalau saya sendiri sih suka main egrang, panggal sama layangan sewaktu kecil. Dan yang masih sering saya mainkan yaitu layangan. Btw, kunjungan baliknya ya di http://amir-silangit.blogspot.co.id/2016/01/mengenang-era-90-dengan-memainkan.html salam kenal dan terimaksih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. egrang mainan dulu banget, layangan masih ada tapi mainnya klo pas musim panas aja ... makasi dah berkunjung lam kenal ya

      Delete
  6. saya dulu juga suka koleksi tazoz sama setip (penghapus) karakter dari twistiko sampai sekresek hitam hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koleksi tazoz mba wuiihh keren dong, iya inget setip dari twistko kira" sekarang masih dapat engga ya ??
      aniweii Maaci ya dah berkunjung n salam kenal

      Delete
  7. Saya lagi nyari abang yang julan mainan anak kecil untuk ikutan GA-nya...masa kecil memang ngangenin...untuk gambar2 kayaknya waktu saya kecil memang sudah dipotong mbak :D *ketahuan tuanya dah*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe nemu abang" jualan mainan anak" juga mba... wah sma" tua kita mba, aniwei maaci dah berkunjung n lam kenal ya

      Delete
  8. Saya juga dulu saingan sama adek ngumpulin kepingan Tazoz dulu...


    Terima Kasih sudah ikut GA saya dan mbak Lidya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah klo ngumpulin bareng adik pasti banyak ya mba koleksinya :)
      Makasi kembali mba dah berkunjung ... Lam kenal juga ya mba

      Delete
  9. liat gambar komik petruk di atas jadi ingat dulu saya suka baca petruk hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi suka baca komik serem" nakal si petruk juga mba ....

      Delete
  10. ahh ada Tazoz..pernah koleksi jugaaa dan dimarahin Mama karena kaya anak cowok, lalu d buang hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi mamanya takut anaknya jadi tomboy, padahal sekarang tazoz jadi mainan langka ya mba..
      btw makasi dah mampir n lam kenal

      Delete
  11. ahh ada Tazoz..pernah koleksi jugaaa dan dimarahin Mama karena kaya anak cowok, lalu d buang hiks

    ReplyDelete
  12. aaaah iya aku juga pernah punya tazoz heheh eketauan suka makan chiki. Skr sih aku larang anak-anak makan itu. Seru ya permainan masa kecil. Terima kasih sudah berpartisipasi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kecilnya mba Lidya suka maem chiki n dapatin tazoznya juga ya, iya mba chiki skrg terlalu gurih kebanyakan M*G nya ... senengnya dikunjungi sama yang punya hajat :) Maaci ya mba

      Delete
  13. Dulu tazos sampe ada kejuaraannya yaaa.. biasanya di PRJ hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama seperti Tamiya ya, dulu suka juga main tamiya bareng ade cowokku ikut lomba balap di pasar baru lumayan hadiahnya.... klo tazoz blm pernah ikut ... btw makasi dah berkunjung :)

      Delete
  14. wahhh ada tasos yang biasanya aku dapet dari ciki cikian hihiiii
    paling inget yang gambarnya tazmanian devil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Tazoz semua gambar kartun di looney toons ya termasuk si tazmania devil, Nice memori ya masa kecilnya ;)

      Delete
  15. petak umpet.. waktu kecil saya suka main petak umpet sampe ngumpet di kolong2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mainan paling top ya mba dulu, aku juga suka
      makasi ya mba dah berkunjung, lam kenal ya ;)

      Delete