Thursday, July 28, 2016

# Coretanku # health

Kesehatan : Abses Mamae (Abses Payudara)


Life have 2 Choice
when u must act like a sickness person just become that and when u must act like a healthy person just like act like that. No one know when its happen


8 tahun yang lalu
Keadaan dimana aku tidak punya pilihan sama sekali, dimana saat yang amat sangat membuat aku lebih dari galau, karena hal ini menyangkut harta yang kupunya, aset pribadiku, dan seenggaknya akan direngut oleh penyakit yang bisa dibilang aku tak pernah menyadarinya.
Penyakit yang membuat kesempuranaan ku menjadi berkurang, tapi aku tahu semua sudah diatur dan kupasrahkan semua kepada-Nya, hanya kepada-Nya semua kembali.

Diawal aku tidak pernah mengira karena aku pikir sakit biasa, tapi kian lama kian menyiksa tersenggolpun sakitnya minta ampun, apalagi sampai tersentuh Pengen rasanya ngegaplok :D
Dan suamiku yang mengetahui hak itu memutuskan memeriksakan kaadaanku di dokter langganan keluarga, dan dari sana aku diberi surat Rujukan untuk ke 2 RS Di Jakarta, dan aku memilih RS Kanker Dharmais.
Besok harinya aku dan suami ijin untuk tidak ngantor karena harus memeriksakan aku ke RS. Sesampai di RS aku diharuskan bertemu dengan dokter ongkologi yakni Dr. Denni Joko Purwanto, SpB(K), Onk, dan diharuskan melakukan USG daerah sekitar payudaraku.
Setelah menunggu hampir 1 jam hasil dari USG pun keluar dan aku balik ke ruangan dokter, dan setelah diteliti dokter menganjurkan aku untuk melakukan operasi secepatnya, dan beliau mengatakan aku terkena penyakit yaitu Abses Mamae atau sering disebut dengan Abses Payudara, kalau tidak segera  ditindak lanjuti akan menjadi kanker.
DENG jantungku serasa mau copot, Ya Rabb apa ini
Aku tidak bisa berkata-kata *ayahnya anak-anak memegang erat tanganku dan menenangkanku..
Aku tahu dia akan selalu berada disampingku memberikan kekuatan agar aku bisa melakukan operasi itu dan dia pun mengiyakan akan melakukan operasi secepatnya. *mewekkloingatsaatitu
Pulang kerumah dan memberi kabar kepada keluarga dirumah bahwa besok aku akan melakukan operasi yang mungkin bisa saja merenggut nyawa tapi berdoanya jangan ya dan alhamdulilah dokter disana Profesional dan sampai detik ini aku masih sehat wal afiat .. aamiin ^tingkatketakutanparahsaatitu
Proses operasi berjalan lancar, aku diberikan oleh-oleh sebuah benda seperti discman yang dikedua sisinya ada 2 buah selang yang tersambung dibawah payudaraku, dokter bilang itu adalah selang untuk mengeluarkan darah kotor Can u imagine what I feel that day

Dan proses pemulihannya lumayan lama sekitar 1 bulan. Diharuskan bedrest, dan terpaksa aku ambil cuti kerja selama 1 bulan .. cuti kerja tetep engga bisa momong si abang ^sedihberkepanjangan
Pernah suatu hari saat aku check up aku bertanya pada dokter “Dok apakah keadaan payudaraku akan balik seperti semula ? beliaupun menjawab “Iya bisa, tapi (wah ada tapinya) kalau ingin balik seperti semula harus dilakukan operasi kecantikan dan semoga ASI nya keluar ^mukakumelasmensaatitu
Operasi kecantikan apalagi kalau bukan penanaman silicon disana, Ya sudahlan aku engga mau nambah-nambah yang kayak gitu .. mikir biayanya aja bikin kepala pusing 7 keliling
Alhamdulilah si ayahnya anak-anak terima aku apa adanya Love u yah
Dan sepertinya keadaan payudaraku tidak mengeluarkan air susu walaupun saat aku mempunyai seorang anak lagi, dia tak pernah merasakan ASI dari bundanya karena tidak ada ASI yang keluar dari sana walaupun aku sudah giat makan daun katuk, obat pelancar ASI dan apapun itu tapi hasilnya nihil.
Dan bener juga karena aku yakin bahwa salah satu kelenjar susu aku yang bengkak dan diangkat saat operasi tak bisa mengahasilkan air susu lagi ^Poorme
Jadilah anak keduaku anak Sapi, dari lahir hingga berumur 2 tahun minum susu kaleng, dan karena itu dia sering sakitan karena kurangnya antibodi dalam tubuh anakku.
Dibalik semua kejadian tersebut aku tetep harus bersyukur dan ikhlas atas kejadian yang telah menimpaku, dari situ aku belajar tanpa kita sadari penyakit bisa datang kapan saja, dimana saja, tidak pandang tua atau muda. Belajar untuk lebih menjaga kesehatan, dan menjauhkan dari makanan yang aneh-aneh, karena jaman sekarangpun semua makan cepat saji yang kita tidak sangka bisa menyebabkan penyakit. Makanan sehat, seperti sayuran dan buah amat sangat dianjurkan.


Sehat itu Mahal

Nih dia penyakitnya, katanya si ayah buat bukti asuransi hadeh *tepokjidat
 
Senangnya bisa berbagi cerita tentang penyakit yang aku derita saat itu, dan buat para ibu dan wanita diluar sana jagalah asetmu, harta berharga bagi anakmu kelak. Kesehatan mahal harganya Sekian pengalamanku dan dibawah ini ada sedikit info tentang penyakit yang aku derita
 
Abses Mamae/Abses Payudara
Abses Mamae/Abses Payudara merupakan penyakit yang sulit untuk sembuh sekaligus mudah untuk kambuh.  Peluang kekambuhan bagi yang pernah mengalaminya berkisar di antara 40-50 persen.
Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri, salah satunya adalah Staphylococcus aureus. Bakteri yang secara alami bisa ditemukan pada kulit manusia itu bisa masuk apabila ada luka pada payudara terutama di sekitar puting susu Merupakan komplikasi akibat peradangan payudara / mastitis yang sering timbul pada minggu ke dua post-partum (setelah melahirkan), karena adanya pembengkakan payudara akibat tidak menyusui dan lecet pada puting susu.
Abses payudara berbeda dengan mastitis. Abses payudara terjadi apabila mastitis tidak tertangani dengan baik, sehingga memperberat infeksi.
Breast abscess adalah akumulasi nanah pada jaringan payudara. Hal ini biasanya disebabkan oleh infeksi pada payudara. Cedera dan infeksi pada payudara dapat menghasilkan gejala yang sama dengan di bagian tubuh lainnya, kecuali pada payudara, infeksi cenderung memusat dan menghasilkan abses kecil. Hal ini dapat menyerupai kista

Gejala dan tanda
  • Sakit pada payudara ibu tampak lebih parah.
  • Payudara lebih mengkilap dan berwarna merah.
  • Benjolan terasa lunak karena berisi nanah. Kadang-kadang keluar cairan nanah melalui puting susu. Bakteri terbanyak penyebab nanah pada payudara adalah stafilokokus aureus dan spesies streptokokus.
  • Pada lokasi payudara yang terkena akan tampak membengkak.Bengkak dengan getah bening dibawah ketiak
  • nyeri dan teraba masa yang fluktuatif/empuk
  • sensasi rasa panas pada area yang terkena
  • Demam dan kedinginan, menggigil
  • Rasa sakit secara keseluruhan
  • Malaise, dan timbul limfadenopati pectoralis, axiller, parasternalis, dan subclavia.
Pencegahan
Beberapa ibu memiliki puting susu yang rata dan membuat menyusui adalah hal yang sulit atau tidak mungkin. Untuk memperbaiki hal ini, Hoffmans exercises dapat dimulai sejak 38 minggu kehamilan. Oles sedikit pelicin (contoh Vaseline) pada areola. Dua ruas jari atau satu jari dan jempol diletakkan sepanjang sisi puting susu dan kulit dengan lembut ditarik dengan arah horizontal. Kemudian, gerakan ini di ulang dengan arah horizontal, lakukan pada keduanya beebrapa kali. Jika latihan ini dilakukan beberapa kali per hari, akan membantu mengeluarkan puting susu. Metode alternatif adalah penarikan puting susu, digunakan pada lapisan khusus di dalam bra pada saat kehamilan.
  • Puting susu dan payudara harus dibersihkan sebelum dan setelah menyusui.
  • Setelah menyusui, puting susu dapat diberikan salep lanolin atau vitamin A dan D
  • Hindari pakaian yang menyebabkan iritasi pada payudara
  • Menyusui secara bergantian payudara kiri dan kanan
  • Untuk mencegah pembengkakan dan penyumbatan saluran, kosongkan payudara dengan cara memompanya
  • Gunakan teknik menyusui yang baik dan benar untuk mencegah robekan/luka pada puting susu.
  • Minum banyak cairan
  • Menjaga kebersihan puting susu
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah menyusui.
Penanganan dan pengobatan
Mengajarkan pada ibu cara menyusui yang benar :
1.    Teknik menyusui yang benar.
2.   Kompres payudara dengan air hangat dan air dingin secara bergantian.
3.  Meskipun dalam keadaan mastitis, harus sering menyusui bayinya.
4.   Mulailah menyusui pada payudara yang sehat.
5.   Hentikan menyusui pada payudara yang mengalami abses, tetapi ASI harus tetap dikeluarkan.
6.   Apabila abses bertambah parah dan mengeluarkan nanah, berikan antibiotik.
7.  Rujuk apabila keadaan tidak membaik.
Terapi : Evakuasi abses dengan cara dilakukan operasi (insisi abses) dalam anestesi umum. Setelah diinsisi, diberikan drain untuk mengalirkan sisa abses yang mungkin masih tertinggal dalam payudara.
Abses / nanah kemudian diperiksa untuk kultur resistensi dan pemeriksaan PA.
Jika abses diperkirakan masih banyak tertinggal dalam payudara, selain dipasang drain juga dilakukan bebat payudara dengan elastic bandage. Setelah 24 jam tindakan, pasien kontrol kembali untuk mengganti kassa. Pasien diberikan obat antibiotika dan obat penghilang rasa sakit.

Penanganan yang dapat dilakukan antara lain :
  • Pengeluaran susu terhambat dilakukan untuk mastitis adalah pemanasan lokal, antipiretik dan analgesik ringan, pengosongan payudara berkala dengan terus memberikan ASI atau memompa, dan terapi antibiotika oral. Namun jika sudah terjadi abses, perlu diberikan antibiotik intravena, aspirasi, atau insisi dan jika perlu drainase. Setiap cairan aspirasi perlu dilakukan pemeriksaan histologik untuk menyingkirkan keganasan.
  • Dilakukan pengompresan hangat pada payudara selama 15-20 menit, 4 kali/hari.
  • Diberikan antibiotik dan untuk mencegah pembengkakan, sebaiknya dilakukan pemijatan dan pemompaan air susu pada payudara yang terkena.
  • Jika terjadi abses, biasanya dilakukan penyayatan dan pembuangan nanah, serta dianjurkan untuk berhenti menyusui.
  • Untuk mengurangi nyeri bisa diberikan obat pereda nyeri (misalnya acetaminophen atau ibuprofen). Kedua obat tersebut aman untuk ibu menyusui dan bayinya
Source :
https://hellosehat.com/benh/abses-payudara/
https://midwiferydayu.wordpress.com/2012/06/28/42/ 
http://www.persify.com/id/perspectives/medical-conditions-diseases/abses-payudara-_-9510001031168



17 comments:

  1. makasih buat info sharing pengalamanmu mb yuni,
    data gejala-gejalanya membantu banget untuk cek-cek kesehatan payudara sejak dini
    semoga senantiasa diberikan kesehatan ya mb pasca pemulihan aminnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga infonya berguna ya Nita, Alhamdulilah sekarang sudah sehat walaupun ada yang kurang tapi harus tetap besyukur atas apa yang pernah aku alami ;)

      Delete
  2. Makasi info ny.. Btw kmrn saya jg kena abses payudara sudah d operasi.. Sudah 2 minggu ini pasca operasi luka ny ttp basah.. Msh mengeluarkan cairan vening d sertai darah sedikit.. Kira2 kapan ya luka ny bs sembuh? . Krn abses ny udh akut ad jaringan mati yg d ambil salah satunya jaringan asi yg d ambil.. Jd skrg luka ny memang cukup dlm.. Ada tips lagi gk mba biar luka ny segera nutup dan kering.. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mba untuk hal yang lebih detail mba bisa bertanya dengan ahlinya dan kontrol langsung dengan dokter yang menangani mba di RS dan semoga kondisi mba cepat membaik, maaf baru aku balas :)

      Delete
  3. Halo mbak.. Sy juga baru aja operasi abses. Semoga hasil PA nya baik ga ada apa2. Oh ya mau tanya, kan yg dioperasi slh satu payudara ya, trs payudara satunya tetep ga bisa buat nyusui ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga mba,kalau aku karena dua"nya yang dioperasi otomatis tidak keluar mba padahal dulu dokternya bilang kalau aku bisa menyusui tapi pada kenyataannya tidak bisa karena yang diambil itu kelenjar susunya mba, mungkin untuk mba salah satu yg dioperasi ada kemungkin yg belum dioperasi bisa untuk menyusui, tapi untuk info lebih lengkapnya mba bisa konsul langsung dengan dokter yang menangani mba...
      aniwei makasi dah mampir ya mba ;)

      Delete
  4. Aqu baru aja operasi abses mb.. Aq mau tanya mba ni kan dikasi lubang untuk jln nanah yg masi tertinggal .. Brp lama ya mba keluar nanah trus nti lubang nya dijait apa nutup sendiri.. Makasi sblm nya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Maaf beribu maaf baru sempet balas postingannya, karena baru aktif lagi ngeblog, lubang untuk jalannya darah dan nanah kurleb aku kontrol ke dua baru dilepas sekalian lepas jahitan, lubangnya pun kecil mba nanti akan nutup sendiri ko mba, maaf ya mba baru aku balasm semoga info aku berguna walaupun telat balasnya.

      Delete
  5. Assalamualaikum mba.. Saya baru juga dioperasi abses.. Dokter bilang luka saya sdh boleh kena air tp saya masih belum berani karena masih kadang2 merasakan nyeri.. Apakah mba juga merasakan nyeri juga di saat dokter bilang luka mba sdh boleh kena air dan berapa lama ya rasa nyeri itu hilang sama sekali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Mba aku baru aktif lagi di blog, aku mandi setelah 1 minggu operasi mba, pasca operasi aku hanya washlapa aja, klo nyeri hingga sekarang masih terasa mba,tapi engga seperti dulu awal" setelah operasi yang rasanya nyut", paling hanya seperti digigit semut nyerinya mba klo akat dokter itu faktor dari jahitan. semoga info aku bisa membantu, seklai lagi maaf baru balas ya mba. Tq dah mampir di Blog aku

      Delete
  6. Mba sya mau tnya, sya baru habis operasi abses di PD,. Trus lukanya di biarin kebuka, lumayan besar trus dalamnya juga lumayan,. sya cma di kasi kain kassa terus di kasi di dalamnya, kira kira smpe kapan kain kassa nya di kasi di dlam,. Soalnya suka sakit kalau mau di ganti, kadang ngeri lihatnya..

    ReplyDelete
  7. Assalammualaikum bu Yuni .


    Sedikit mau bercerita sebelum akhirnya saya mau bertanya .
    awal mulanya puting PD kanan saya luka, terbelek bagian atasnya akibat gigitan anak saya yang baru berusia 7bulan (anak pertama), dan pada saat itu aku sering pakai salep purelan (medela) tapi ko tetep saja luka puting tidak sembuh, dan walaupun puting aku luka aku tetep nyusuin , dan aku juga masih sering stok ASIP dengan cara memerahnya . lebih dari 1 bulan puting aku belum sembuh" dan sampai pada akhirnya tgl 19 sept malem seusai pulang kerja , aku panas dingin, lemes banget badannya dan PD ku bengkak parah , areola nya pun memerah dan banghan ada sedikit benjolan kecil di areolanya . siang hari nya tgl 20 sept aku ke RS niatan untuk berobat malah akhirnya dokter menyarankan untuk segera melakukan operasi dikarnakan aku "Abses Payudara" , aku dioperasi sore hari nya .
    aku dioperasi dan dipasangkan drain .

    aku mau tanya bu , ibu pada saat melakukan operasi tidak dijahitkah ?
    dan proses penyembuhan pasca operasi berapa lama ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sekali mba aku baru baca komen dan membalas komen mba, setelah aku dioperasi dijahit dan setelah 1 minggu kering jahitanya dicabut mba, maaf ya mba aku baru balas, proses penyembuhan pasca operasi kurang lebih 1 bulan :)

      Delete
  8. Payudara yg terkena abses kalau lukanya sudah sembuh apa boleh di susukan kembali mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo aku tergantung dari info dokternya mba, tapi aku sendiri sudah tidak bisa menyusui lagi semenjak operasi PD ini :(

      Delete
  9. Assalamualaikum mba, maaf mau tanya, waktu mba terkena abses payudara itu pd saat masa menyusui atau tdk menyusui? Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya mba aku baru balas, saat terkena abses aku sudah tidak menyusui mba, karena air susu aku mengendap dan karena pengendapan itu terjadilah abses kira" ketika anak sulung aku berumur 2 tahun, semoga membantu ya mba, makasih.

      Delete

Follow Us @soratemplates