Saturday, June 13, 2015

# Blog # Cermati.com

Menabung Demi Masa Depan Si Buah Hati

Assalamualaikum ....

"Bang bing bung yuk kita nabung, tang ting tung hei jangan dihitung, tau-tau kita nanti dapat untung"  Mari menabung .....

Mendengar lagu diatas berkaitan dengan kata menabung, Apa sih Definisi dari menabung?
Menabung adalah salah satu kegiatan positif yang bertujuan membangun. Karena menabung itu bisa dikatakan mampu memberdayakan sumber daya manusia agar bisa menjadi manusia yang tidak menghambur-hamburkan uangnya.




Bunda sudah mengajarkan para krucils sedari mereka kecil dan awal masuk sekolah ampe sekarang dibiasakan menabung, apalagi bunda punya 2 orang anak yang notabeneya sudah sekolah si abang  sudah kelas 3 SD, si dd baru aja mau masuk TK. Awal si abang sekolah dari mulai dia TK sudah dibiasakan menabung walaupun tidak besar tapi dibiasakan dari yang kecil dahulu seperti pepatah bilang "kecil-kecil lama-lama menjadi bukit". ketika dia masuk TPA juga ikut nabung semua serba nabung pokoknya uang jajan disisihkan untuk menabung.

Sampai saat ini pun si abang juga menabung tapi untuk di SD saat ini bundanya juga ikut nabung hehehe ya itung" kumpul dana wat naik"an kelas lumayan ada dana tambahan buat beli tas, seragam n peralatan sekolah plusnya saat ini si dd mo masuk TK kebantu dari tabungan si abangnya.

Selain keluarga kecil bunda menabung di sekolah kami menabung di bank atau bank berjalan seperti koperasi, kadang" juga ditempat bunda ada sekelompok mak" rempong ngajakin main paket tabungan hari raya  atau arisan bulanan bunda ikutan juga ya lumayan wat nambah" budget lebaran buat bocah. 

Sepertinya banyak cara untuk menabung baik dengan cara membuka tabungan baik di bank resmi, bank daerah, di sekolah, bank berjalan maupun koperasi daerah pun bisa dijadikan alternatif untuk menabung. 

Buat yang susah mo nabung atau mau coba menabung dari sekarang agar cepet terkumpul uangnya, bunda punya tips yang ok punya : 
  • Pertama, tentukan dimana ingin menabung, mau di bank, bank berjalan, celengan atau bisa juga ikut paketan atau arisan bulanan maupun tahunan.
  • kedua, selalu membuat rincian pengeluaran dan tagihan tiap bulannya agar uang yang dikeluarkan tertata klo bunda sebut namanya Paper of Goal every month, bikin deh draftnya trus diprint trus dipasang didepan kulkas or dibelakang pintu kamar :D biar klo lagi buka kulkas atau tutp pintu keliatan. 
  • Ketiga, dipastikan buang rasa malu jauh-jauh apalagi bagi para pekerja abis bulan pasti liat diskon maunya beli ini beli itu hehehe dulu kitah juga kayak gitu .... tapi kudu kunci nih dompet rapat-rapat klo perlu pas pergi ATM jangan dibawa n bawa uang pas aja, harus konsisten dan komitmen apa aja yang mau dibeli dan dilakukan dimall. Berpikir 2x atau bisa juga berkali-kali untuk menghabiskan uang dengan cara seperti diatas.
  • Keempat, buatlah skala prioritas maksudnya ingin belanja tapi harus melihat yang prioritas mana yang bukan mana, hal ini menjauhakn dari sifat boros kita sehingga uang yang dikeluarkan pun sedikit.
  • Kelima ada baiknya mengikuti tabungan berjangka, disamping manfaatnya banyak untuk jangka panjang, baik untuk pendidikan anak, membangun rumah maupun tujuan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya dan info yang akurat bisa mengunjungi cermati.com
  • Keenam, jadilah seorang yang dermawan walaupun kita mau irit n menabung dipastikan sebagian rezeki kita harus disalurkan ya semoga dengan hal itu rezeki kita pun dilancarkan dan semoga berlimpah. Berbuat baik pasti balasnya pun baik.
  • Terakhir yang ketujuh, jangan jadikan menabung sebagai alat untuk mengumpulkan kekayaan, ingatlah hari tua kita, anak" kita. Kita pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk nantinya, dengan menabung hidup kita dikala tua bisa kita nikmati dengan tenang tanpa harus menyusahakan anak cucu kita.
Intinya nih apapun bentuk dan cara menabung membuat kita untuk lebih mengerem pengeluaran kita bukan berarti pelit itu cuma rem dikit doang agar lebih hemat n jauh dari kata boros. menabung secermat mungkin agar hasilnya pun maksimal dan pastinya kita menjadi orang yang tertata hidupnya ya bukan berarti yang engga menabung engga tertata tapi ada baiknya menabung agar lebih tertata keuangannya.

Bagi yang punya tips menabung bisa loh ikutan join GAnya Mak Winda tinggal klik banner dibawa trus menluncur deh ke si empunya GA.

Wassalamualaikum .....
 

2 comments:

  1. Makasih tipsnya bunda unieeeee...
    Menabung memang harus diajarkan sejak kecil y mak..biar melekat smpek gede nanti..amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mak, harusnya begitu mak harus dibiasakan menabung sedini mungkin agar hemat dan tidak boros :)

      Delete

Follow Us @soratemplates