Wednesday, November 9, 2016

We Fight Together #breastcancer

Assalamualaikum ...
 Membahas masalah penyakit pada wanita yang tak pernah ada kata habisnya, karena hal itupun menggerakan hatiku untuk berbagi cerita tentang penyakit ini. Karena dulu aku sempat divonis penyakit abses mamae (abses payudara) yang hampir mendekati kanker apabila aku tidak segera dioperasi atau terlambatnya penanganan, tapi kali ini aku ini berbagi cerita tentang penyakit yang diderita ibu mertuaku.

Breast Cancer.....
What is it ? ....
Berbahayakah ? ....
Menyakitkankah? ....

Let me explain about breast cancer first, ...
Kanker payudara/Breast cancer adalah kanker pada jaringan payudara
Ini adalah jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita. Kaum pria juga dapat terserang kanker payudara, walaupun kemungkinannya lebih kecil dari 1 di antara 1000. Pengobatan yang paling lazim adalah dengan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi.
Momok yang amat menakutkan bagi kami kaum wanita .... bukan hanya anak muda melainkan orang tua pun dapat divonis penyakit itu, dan hingga saat ini obat yang dikatakan benar-benar mujarab untuk mengobatinya belum diketahui ....

Hingga suatu hari aku mendengar berita bahwasanya ibu mertuaku divonis terkena Kanker Payudara/Breast Cancer Stadium 2, sedih bukan main, terlebih lagi suamiku dan saudara-saudaranya pun sempat bingung dan tak tega karena ibu mereka yang mereka sayangi diharuskan melakukan operasi/pembedahan sesegera mungkin.
Dan dikarenakan di Brebes tidak ada Rumah sakit yang dapat melakukan operasi pengangkatan tersebut, ibu dirujuk ke Rumah Sakit di RSI Pekajangan, Pekalongan tempat dimana aku tinggal. Oh iya selama sakit Ibu mertuaku tinggal di Brebes. 

Sebelum menjalani operasi, ibu diharuskan kontrol rutin dengan dokter disana, mengecek kondisi ibu sebelum melakukan operasi pengangkatan.
Dan dari keterangan dokter ibu mendapatkan penyakit ini hanya dalam jangka 7 bulan dari vonis tumor jinak hingga menjadi breast cancer stadium 2, Bisa dibayangkan bagaimana penyakit tersebut menyebar dan mengerogoti sebagian dari organ tubuh ibu. Dan kami sebagai anak-anaknya hanya bisa berdoa dan berusaha agar beliau diberi kekuatan, kesehatan dan kesembuhan seperti sebelumnya.
Setelah melakukan konsultasi selama 1 minggu, akhirnya hari itu datang, hari dimana ibu diharuskan melakukan operasi pengangkatan payudara sebelah kanannya. Dan kami bersiap menerima apapun hasilnya.
Operasi atau proses pembedahan pengangkatan dilakukan dari jam 1 siang hingga 5 sore, bisa dibayangkan apa yang ada dipikiran kami semua menunggu dan harap-harap cemas semoga hasilnya baik. Setelah menunggu hampir 4 jam akhirnya operasi pun selesai dan ibu dipindahkan ke kamar pasien, tapi ibu belum siuman, mungkin karena oabt bius yang diberikan lumayan banyak.
Pada akhirnya ibu siuman, kami semua lega dapat melihat senyum ibu lagi karena ada secerca harapan terliat di senyum simpulnya. Harapan ingin sehat dan sembuh terpancar disana, kamipun sebagai anaknya merasa lega dan bersyukur terhadap Allah SWT memberikan harapan bagi ibu kami.

Hingga saat ini, ibu masih dalam tahap pemulihan dan terakhir melakukan pemeriksaan jantung, jantung ibu sehat dan ibu dapat melakukan kemoterapi demi menghilangkan sel-sel kanker dalam tubuhnya. Kami semua sebenarnya tidak tega ibu melakukan kemoterapi tapi apa boleh buat, semoga keputusan ini yang terbaik. Sebelum melakukan kemoterapi ibu juga mengkonsumsi obat-obatan cina selain dari obat dari dokter. Serta banyak makanan yang dipantang oleh ibu pasca operasi tersebut.
Keseharian Ibu sekarang melakukan pola makan sehat, perbanyak sayuran dan buah-buahan. Dikala aku bertemu Ibu, beliau bercerita saat melakukan pemerikasaan, dokter sering kali menasehati agar melakukan pola hidup sehat, dan menjauhi makanan berlemak serta bagi yang muda pun diharapkan selalu melakukan SADARI (Pemeriksaan payudara sendiri )
Dari peristiwa ini aku lebih mawas diri untuk tidak makan sembarang dan melakukan Hidup sehat karena pola hidup sehat akan membentegi kita dari penyakit-penyakit, serta Berupaya untuk selalu berolahraga karena dalam jasmani yang sehat terdapat jiwa yang kuat. 


Selalu ditekankan lagi bahwa ... SEHAT itu MAHAL, IT CAN'T BUY BY ANYTHING.


Mengutip postingan mba Indah Nuria Savitri yang sedang menggelar Giveaway about #breastcancerawareness and find a word that touch me deep inside my heart.

"For Every breast cancer survivors, they have a hope, not a faith, they can survive, do the healthier life, follow their heart to be beat a cancer and finish the fight .. 
And They know... We fight together, to get a better life
Cheers them and make them happy not stay away from them"
Lets Fight Cancer Together
Lets Finish the Fight
They are Tough Woman actually
Pinky Swear .. Lets Fight it Together 


Ok Guys That's all my end of post 
Lets #finishthefight and #gopink


Don't forget to join lovepinkindonesia.org. follow them and join the event for support them and their many cool activity. 

Salam Pink !


Wassalamualaikum ...



Postingan ini di ikutsertakan untuk Giveaway from My Purple World dan mendukung kampanye #finishthefight #breastcancerawareness #gopink serta gerakan SADARI kanker payudara.

8 comments:

  1. Let's continue the fight..thanks for joining my GA yaaa mbaaa

    ReplyDelete
  2. Semoga kondisi ibu mertua pasca operasi terus membaik ya mba.

    ReplyDelete
  3. Sedih mb uni bacanya
    Semoga kondisi bumer baik kembali ya mb

    Klo tuk obat cina, itu lebih ke jalan sendiri ato pas barengan sama obat dokter mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasi doanya Nita ...

      Kalau minum obat cina obat dari dokternya tidak diminum....
      Alhamdulilah sekarang sedang proses persiapan untuk kemonnya :(

      Delete
  4. Semoga mama mertuanya membaik dan sehat selalu :) Amin.

    ReplyDelete
  5. Semoga Ibu Mertuanya Mbak Yuni sehat selalu :))

    ReplyDelete