Saturday, March 3, 2018

TAMAN WISATA PURBASARI PANCURAN MAS PURBALINGGA #Latepost

Assalamualaikum gaes

No time long see, doh kenapa jadi malas banget nulis akhir-akhir ini, apa karena ada tambahan kerjaan baru jadi chef apa emang malas beneran .... aaiihhh masalah Chef ntu beneranya tukang masak aja kali yah ... hehehehe
Yups baru-baru ini aku buka lagi warung internet cafe aku yang dulu sempat vakum hampir 3 tahunan, dan alhamdulilah ada rejeki lebih bisa buka lagi Yeaayyy *one of my goal in this year coming true ....
Kali ini di postingnya yang ala-ala malas nulis mo review sedikit tentang salah satu objek wisata di Purbalinga dan kebetulan aku pergi kesana bareng anak aku yang no 2 ... itu juga karena acara dari sekolah ... yoi Plesiran ke Purbasari Pancuran Mas Purbalingga, acara akhir tahun TK Evo  plus tahun ini evo masuk SD loh jd terakhir deh jalan-jalannya :D, sebenarnya 2 tempat salah satunya Owabon tapi bunda mau review tempat wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga.
Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas (PPM) adalah salah satu objek wisata yang berada di Desa Purbayasa, Kec. Padamara, Purbalingga ini memang menawarkan berbagai sarana yang multifungsi. Taman wisata ini memiliki berbagai macam wahana loh, tempat yang jauh dari kota adanya didesa jauh dari keramaian kota dijamin kesana mumetnya langsung ilang.


Selayang pandang 

Tahun 1993, bapak H. Sarimun Budi Purwanto mengawali pembangunan secara bertahap, pembangunan diarahkan untuk pengumpulan berbagai jenis ikan air tawar, mulai dari yang berukuran kecil sampai yang berukuran jumbo. Motivasi awal pe-ngumpulan ikan air tawar ini adalah hobi dan kecintaan the owner terhadap wisata pendidikan. Namun lebih dari itu, ternyata beliau memperoleh dukungan yang besar dari keluarga, masyarakat dan juga pemerintah untuk lebih memajukan hobi nya untuk menjadi lebih dari sekedar hobi, yaitu membangun sebuah sarana rekreasi pendidikan.
Usaha keras beliau yang tentunya dengan dukungan dari keluarga dan mayarakat akhirnya terwujud dengan di bukanya Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas (PPM) oleh bupati Purbalingga Bapak Triyono Budi S. pada tahun 2001.Pada awal di kenalnya Taman Wisata ini di masyarakat, karena adanya ikan raksaksa yang lebih dikenal dengan nama Arapaima Gigas yang berasal dari sungai di Amazon.
Dan bahkan sampai saat ini “si besar yang lembut” ini pun masih menjadi icon di Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas.Perencanaan pem-bangunan di Taman Wisata PPM ini dari tahun mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Awal di bukanya Taman Wisata PPM ini merupakan River World yang sekarang sudah berkembang meluas dengan didirikannya Water Boom dan juga Bird Park. Sedangkan pe-rencanaan berikutnya adalah didirikannya Taman Buah dan juga Kolam Pancingan.
Tidak hanya itu, selain tempat wisata yang edukatif dan tentunya entertain, Taman Wisata PPM ini juga menyediakan fasilitas yang cukup banyak. Pendopo misalnya, biasa digunakan untuk meeting keluarga ataupun perusahaan. Fasilitas lain seperti tempat ibadah, toilet dan tepat penjualan cinderamata juga tersedia. Selain itu adanya konsep “satu tiket untuk semua” merupakan ke-ungulan dari Purbasari Pancuran Mas dimaksudkan agar seluruh pengunjung dengan leluasa bisa mengakses seluruh wahana yang tersedia tanpa harus menambah biaya lagi.Masih ada lagi, keamanan, ketertiban, kebersihan dan senantiasa ramah lingkungan sudah menjadi tekad pengelola. Ini sudah terbukti dengan tidak menjual rokok di tempat wisata ini, atau dengan kata lain Purbasari Pancuran Mas adalah daerah yang bebas rokok. Keamanan juga senantiasa terjaga dengan terpeliharanya Lokasi Wisata ini dari para musisi jalanan (pengamen-gelandangan-Red).

Wahana-wahana di Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas (PPM)

River World
Bagian ini menghadirkan berbagai jenis ikan air tawar dari berbagai belahan dunia. Dengan jumlah Koleksi kurang lebih 200 jenis ikan, bagian ini banyak digunakan sebagai sarana belajar bagi para siswa sekolah maupun Mahasiswa. berikut adalah beberapa diantaranya: Arapaima Gigas, Piranha dan Aba-Aba Amazone

Water Boom & Kolam Renang
Fasilitas yang satu ini banyak diminati oleh para pengunjung, selain karena tempatnya yang menarik juga karena tersedia berbagai macam kolam renang yang aman bagi semua usia. Disini terdapat kolam bermain untuk anak-anak dengan kedalaman 50cm, kolam renang dewasa (kedalaman s/d 2m) serta water boom dengan panjang lintasan 70m. selain kolam renang dan water boom, di area ini juga telah disediakan gazebo-gazebo yang asri untuk beristirahat dan bersantai para pengunjung. 

Bird Park
Bird Park, salah satu rangkaian wisata di Purbasari Pancuran Mas, menyuguhkan daya tarik unggas / burung baik lokal maupun mancanegara. Setidaknya lebih dari 75 jenis burung eksotis hadir disini. Mulai dari Merak, Elang laut, Sedirit Sanghie sampai Lady Peasant. Seperti halnya di kolam renang, dilokasi ini pihak manajemen juga telah menyiapkan gazebo untuk bersantai.

Planet Aquarium Toyoshuka
Merupakan wahana baru Purbasari Pancuran Mas, disana dihadirkan bagi pengunjung dimana Aquarium Toyoshuka menyuguhkan pesona aquarium dalam kemasan baru dengan ukuran bangunan panjang 25 meter lebar 15 meter dengan ketinggian 8 meter. Bangunan terkenal di dunia juga bisa pengunjung nikmati dalam bentuk mini di Aquarium TOYOSHUKA.

Wisata Air Telaga fulus
Telaga fulus merupakan wahana terbaru dari taman wisata pendidikan ini yang dihadirkan untuk melengkapi sarana hiburan bagi para pengunjung. disini kita dapat menikmati danau fulus dengan sepeda air, perahu dayung, kano dan bahkan speed boat. Jangan khawatir tercebur, terjatuh ataupun tenggelam, karena wahana-wahana ini telah diuji keamanannya. Selain itu petugas keamanan yang terlatih akan selalu menjamin keyamanan berwisata.

Taman Bermain
Disini tersedia berbagai macam arena bermain untuk anak-anak beserta keluarga semua, Antara lain :
1. Sepeda Wisata
2. Perosotan
3. Jungkat-jungkit
4. Ayunan


Konservasi Rusa
Dengan mengandalkan berbagai wahana wisata dihadirkan juga di sini hewan Rusa. Kita akan menikmati indahnya pesona hewan Rusa di Konservasi Rusa Purbasari Pancuran Mas yang sedang mereka kembangkan.

Diorama satwa
Purbasari Pancuran Mas seolah tidak mengenal lelah dalam mengembangkan konsep Taman Wisata Pendidikan miliknya. Kali ini pengelola Purbasari Pancuran Mas menghadirkan wahana belajar terbaru berupa Diorama satwa. Berisikan satwa-satwa yang telah diawetkan, wahana ini memberi kesempatan bagi para pelajar untuk dapat mengamati bentuk dan ukuran satwa-satwa tersebut dari jarak yang relatif dekat sehingga pengamatan dapat  dilakukan dengan lebih detail.

Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga cocok untuk tempat berlibur bersama keluarga sekaligus tempat belajar. Jadi jangan ragu-ragu untuk pergi kesana, ok klo begitu bunda pamit dulu next tunggu postingan" berikutnya ya, Oh iya jangan lupa untuk komen dibawah ya.




source : http://www.purbasaripancuranmas-group.com/



No comments:

Post a Comment