Tuesday, June 21, 2016

Sarden Mie Cabe Rawit

Satu lagi resep di kala galau mau masak yang ribet-ribet malas, masak yang ini aja, cepet engga ribet dan rasanya amboyy banget. Anak-anak bunda suka nyebut menu satu ini dengan sebutan "Spageti Kampoeng" karena bentuknya yang sekilas mirip spageti, tapi rada berkuah dan makannya kudu pakai nasi... tetep Indonesia banget ya ...

Resep ini sering kali bunda bikin saat galau, malas masak, buka kulkas cuma ada sarden nganggur yang ngarep-ngarep minta diolah biar masuk ke perut ... *kasian amat yak tuh sarden ... eh temenya si tempe juga dengan muka melas minta digoreng ...

Dengan berbekal sarden dan tempe ditangan, si sarden mau dimasak ah ala-ala spageti gitu, cuss ada stok mie instan, lombok rawit ijo, pake lombok setan juga boleh, lanjutlah ke dapur, gongsreng-gongsreng jadi deh spageti kampoengnya, si tempe pun digoreng dengan bumbu tempe goreng lah pastinya masak mo bumbu rendang nanti jadinya tempe rendang ... :D

Langsung manggil pasukan .... woy makan woy .... *pake toa 
Datang pasukan berbaris mamake ngambilin nasi, si spageti kampoengnya plus tempe goreng, si abang  ade maem lahap banget, Eh si komandan besar datang dengan muka melas minta diambilin juga dah lavar katanya. 

Selang beberapa menit ludes nih sepageti kampoeng, lah mamake kaga makan? mamake dah makan lah sisanya dengan bumbu yang super banyak dan pendesnya eundesss banget. Untungnya keluarga kecil dirumah suka pedas jadi mo pake lombok ijo or setan ra popo. tapi bagi yang engga suka pedas jangan dipakai ya, nanti atit peyut lagi ...

Yo weisss lah nih tak kasih resepe kali aja mo coba-coba pas banget bulan puasa gini buat menu sahur or berbuka bagi yang mau simpel", engga ribet" n engga banyak makan bahan nih patut dicoba. Eh mamake emang engga enek makan sarden sahur-sahur??, antisipasinya minumnya air putih hangat atau teh manis hangat, dijamin eneknya kaburrr ... Ok lah kalau begitu simak ya resepnya, dan kalo dah coba kabar-kabar aku ya ...

Sarden Mie Cabe Rawit
Bahan-bahan

    1 kaleng Sardine (aku pilih B*tan)
    1 bungkus mie instan merk apa *aja bumbu jangan dipakai ya
    3 buah cabai merah (dirajang)
    5 buah cabai rawit (dirajang)
    3 siung bawang merah (dirajang)
    1 siung bawang putih (dirajang)
    1 buah tomat (potong dadu)
    1 sdt garam
    1/2 sdt vetsin
    1 sdt gula
    1/4 jari lengkuas (dikeprek)
    1 gls air
    Minyak secukupnya

 Cara Membuat :
  1. Panaskan wajan, masukan bawang putih dan bawang merah tumis hingga harum, masukkan cabe merah dan cabe rawit, lengkuas, mie instan, sardine serta air masak hingga mie setengah matang
  2. Setelah kelihatan mie setengah matang masukan garam, vetsin, gula, serta tomat, test rasanya. Diamkan sampai air sedikit berkurang.
  3. Setelah itu angkat dan sajikan bersama nasi hangat dan tempe goreng


2 comments:

  1. Amis nggak mbak? Aku mbayanginnya klo ikan dikasih kuah itu amis.. Blm pernah nyoba sih. Biasanya klo masak sardines standard aja..paling cuma ditambah bawang aja. *nggak pinter masak aku mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedikit amis bunda makanya aku siasatin menambahkan lengkuas dan kalau tidak suka berkuah, mienya direbus dulu setelah itu baru dicampur dengan sardinenya, aduk" sebentar, angkat hidangkan deh ;)

      Delete